Pages

Jumat, 17 Januari 2014

KORAN PERTAMA BERBAHASA INDONESIA



Surat kabar, atau yang lebih dikenal dengan koran adalah salah satu media informasi cetak yang berisi tentang berita-berita atau kejadian-kejadian yang berlangsung di masyarakat sekitar. Sebagai media informasi, diharuskan Koran memiliki berita atau informasi yang up to date . Sehingga hal tersebut dapat membantu masyarakat mengetahui hal-hal apa saja yang sedang marak dibicarakan atu terjadi.
Lebih dari 200 tahun, Koran menyajikan berita-berita untuk khalayak umum. Surat kabar pertama kali diterbitkan di Eropa pada abad ke-17. Sedangkan di Indonesia Koran beredar setelah mesin cetak milik Johann Gutenberg. Dapat dikatakan mesin cetak tersebut telah mengambil peran yang signifikan dalam perkembangan surat kabar di Indonesia.
Pada pertengahan abad 18, surat kabar mulai terbit di Indonesia dan diterbitkan oleh orang-orang Belanda sehingga bahasa yang digunakan adalah bahasa Belanda. Seiring berkembangnya zaman, orang Indonesia juga menerbitkan Koran dengan bahasa jawa, melayu, latin. Dan  untuk Koran pertama yang terbit dengan menggunakan bahasa Indonesia adalah koran Warta Berita.
Koran Warta Berita terbit di Indonesia pada tahun 1901. Koran pertama ini diterbitkan oleh keturunan Minangkabau yaitu Datuk Sutan Marajo bersama adiknya bernama Baharudin Sutan Rajo nan Gadang.  Mereka berdua merupakan pemimpin surat kabar pertama di Indonesia yang berbahasa Indonesia (bahasa Melayu dengan huruf Latin)

http://buchyar.pelaminanminang.com/image/sejarah/datuk_sutan_marajo_pelopor_pers_minangkabau.jpg
(Gambar 1.4 Datuk Sutan Marajo ialah salah seorang pelopor pers di Minangkabau)



                Untuk menerbitkan kotan ini, pemimpin redaksi- Datuk Sutan Marajo, harus meminjam modal kepada saudagar terkenal di Padang yang bernama Abdul Manan Sutan Marajo. Warta Berita pertama kali dicetak di daerah Pasarmudik dengan tampilan yang sederhana. Warta Berita adalah Koran tertua yang diterbitkan dan dipimpin oleh orang pribumi asli-orang Indonesia. Tapi sayangnya, Koran ini hanya bertahan kurang dari 10 tahun. 

http://buchyar.pelaminanminang.com/image/sejarah/surat_kabar_utusan_melayu.jpg 
(Gambar 1.5 Surat kabar Utusan Melayu yang merupakan surat kabar berbahasa melayu)



1 komentar:

  1. Baru tau...
    Saya kira koran pertama pribumi adalah "medan" punya si Minke seorang raden mas dari kota B

    BalasHapus

 

Popular Posts