Pages

Kamis, 23 Januari 2014

AWAS KAMU DISADAP !



           
 


Akhir-akhir ini, di Negeri kita gencar dengan kata-kata penyadapan. Apa sih penyadapan itu ?. Penyadapan adalah cara mendapatkan sebuah informasi rahasia milik seseorang, kelompok atau bahkan Negara tanpa sepengetahuan si target. Lembaga Negara di Indonesia yang sering menggunakan cara ini adalah KPK dan Polisi. Kedua lembaga ini, menggunakan penyadapan bertujuan untuk mencari informasi rahasia mengenai suatu kasus atau untuk mencari sebuah bukti kejahatan.
            Dan menurut berita yang sedang beredar, Negara kita sedang disadap oleh salah satu lembaga milik salah satu Negara maju di dunia. Berdasarkan artikel di Majalah Elfata edisi 01, dipaparkan bagaimana lembaga tersebut melakukan penyadapan.

Berdasarkan data yang diungkapkan oleh Edward Snowden, ternyata NSA melakukan penyadapan dengan cara yang canggih. Berikut cara-cara mereka tempuh untuk melakukan penyadapan :
Pertama, menyusupkan alat penyadap ke perusahaan telekomunikasi tertentu. Cara ini memangcukup klasikdalam dunia spoinase. Namun sistem dan alat yang berbeda. Intelejen NSA memasukkan alat yang canggih untuk menyadap perusahaan telekomunikasi tersebut tanpa diketahui si pemilik.
Kedua, memantau facebook dan twitter. Facebook dan twitter adalah media yang sering dipakai masyarakat dunia dalam berkomunikasi. Ternyata NSA memantau status mereka. Penyadapan ini ditujukan untuk mencegah tindak kejahatan dan terorisme yang dapat menggangu keamanan AS dan sekutunya.
Ketiga, menyusup ke raksasa internet yang diduga dan dimungkinkan disusupi NSA, yakni Google, Facebook, Skye, Paltalk, Apple youtube, AOL, dan Microsoft. Intelejen NSA bisa melacak data-data yang ada ayau pembicaraan melalui medium komunikasitersebut.
Keempat, melacak email dengan membangun pusat data. Baru-baru ini NSA mendirikan pesat data email seluruh dunia di Utah, AS. Pusat data ini baru selesai pada September 2013. Melalui pusat data ini, NSAbisamengakses dan melacak jutaan email di seluruh dunia. Selain melalui email, NSA juga menyusup menyusup ke Internet Service Provider (ISP). Data-data yang dimintakan diisi oleh pihak ISP bisa dilacak dan diambil untuk kepentingan NSA.
Kelima, menyebar dan memasang program berbahaya. Program berbahaya ini semacam virus yang dirancang untuk mencuri informasi penting. Dalam operasinya, NSA menggunakan Computer Network Exploitation (CNE), teknik dimana jaringan komputer digunakan untuk menyusup ke jaringan komputer sasaran, dan untuk mengambil dan mengumpulkan data intelijen. Hal ini memungkinkan eksploitasi masing-masing komputer dan jarinagn komputer dari organisasi eksternal atau negara dalamrangka untuk mengumpulkan data sensitif atau rahasia yang biasanyadisembunyikan dan dilindungi dari masyarakat umum.
            Semoga dengan berita-berita yang telah beredar, Negara kita atau Negara lain dapat lebih waspada lagi, dan lebih hati-hati dalam menjaga suatu rahasia Negara. Dan untuk lebih amannya lagi, “ berilah kata sandi, di setiap file yang perlu atau sangat penting atau private

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts