Pages

Rabu, 15 Januari 2014

PERJALANAN HIDUP BAPAK SAINS MODERN



           Galileo Galilei, siapa sih yang tak kenal nama itu ?. Ia dijuluki “bapak sains dan fisika modern” oleh Albert Einstein. Galileo sangat jenius di bidang sains dan fisika, banyak penemuan yang telah dIakui oleh cendekIawan dan ilmuawan, bahkan penemuan-penemuannya masih dipakai sampai saat ini.
            5 Februari 1564, Galileo dilahirkan di sebuah kota wilayah Fiorentina ItalIa, tepatnya di Pisa. Ia adalah anak tertua dari pasangan Vincenzio Galilee dengan GuulIa Ammanatti. Awalnya Ia adalah mahasiswa kedokteran di Universitas Pisa tetapi setelah mengenal geometris milik Eoklides, Ia mulai suka dengan matematika, dan beralih ke jurusan fisika dan matematika. Tak mudah untuk beralih jurusan, karena ayahnya tak menyetujui, dengan alasan jika kedua ilmu tersebut tidak menjanjikan perbaikan ekonomi. Tapi hal tersebut tak membuat Galileo patah semangat.
            Dengan kegigihannya, terbukti jika dengan ilmu yang dulu dianggap remeh ayahnya menjadikan Galileo ilmuwan yang dapat menemukan alat dan teori-teori baru, dan menguasai hitungan-hitungan matematika dan rumus-rumus ilmiah yang berpengaruh pada sains modern. Tak khayal jika Ia mendapat tawaran menjadi pengajar di Universitas tempatnya dahulu belajar-Universitas Pisa.
            Pada tahun 1592, Galileo meninggalkan kota Pisa dan menjabat sebagai professor matematika di Universitas Padau. Pada tahun 1593, Ia menemukan thermometer dan kompas apada tahun1597. Lalu pada tahun 1604, Ia melihat penampakan bintang baru di dekat rasi bintang sagitarius. Pada tahun 1609, Ia juga menyempurnakan fungsi teropong. Dengan alat itu, Ia dapat menemukan bintang atau planet-planet baru yang mengelilingi Jupiter dan menamakan planet-planet tersebut dengan nama Pangeran Casimo, Raja Tuscany.
            Galileo banyak mengemukakan teori yang sampai saat ini tetap dipakai. Salah satu teorinya adalah teori Heliosentris yang berisi tentang matahari sebagai pusat tata surya. Hal tersebut bertentang dengan teori yang selama itu dipercayai dan digunakan oleh masyarakatterdahulu, yaitu sistem Geosentris dimana bumi menjadi pusat tata surya. Dengan kata lain, Galileo mendukung teori yang dicetuskan oleh Copernicus.
            Karena teorinya, Galileo memiliki banyak musuh. Walaupun telah banyak bukti yang ditunjukkan oleh Galileo, hal tersebut tak membuat mereka mempercayainya. Galileo tabah menghadapi serangan dari musuh-musuhnya dan membuatnya semakin gencar mencari bukti-bukti yang mendukung teorinya.
            Pada tahun 1616 di Roma, teori Heliosentris memang dilarang karena dianggap bertentangan dengan kitab yang dianut oleh masyakat setempat, dan buku-buku tentang teori tersebut dilarang diterbitkan. Tapi beruntung, buku Galileo yang berjudul Sunspot Letters luput dari pelarangan, padahal isinya terang-terangan membela teori Heliosentris. Walaupun demikian, Ia tetap dipanggail oleh petugas tinggi setempat untuk diberi peringatan dan disuruh mematuhi teori Geosentris.
            Awalnya Ia memang patuh, tapi hanya sesaat. Bebasnya Ia dari cekalan petinggi setempat, membuatnya menulis buku yang berjudul Dialogue. Di dalamnya Ia menumpahkan seluruh potensi dan pengetahuan mengenai astronomi secara sistematis melalui sistem percakapan tiga orang yang mewakili ilmuwan-ilmuwan besar yang salah satunya menggambarkan dirinya. Dan kesimpulan dari bukunya adalah memenangkan teorinya sendiri-yang mendukung teori Heliosentris. Buku tersebut tersebar luas, bukan hanya di daerah tempat buku itu dicetak tapi sampai perbatasan kota, antara Bologna dan Roma.
            Tersebar luasnya buku itu, membuat Galileo harus dipaksa mendatangi pemerikasaan walupun dalam keadaan sakit. Karena pada saat itu Galileo sudah tua dan sakit-sakitan, dan Ia mendapat tekanan dan paksaan. Akhirnya Ia mengakui perbuatan yang tak dilakukan. Alhasil, Ia dijatuhi hukuman tahanan rumah dan wajib membaca 7 mazmur sekali dalam semingu selam tiga tahun ke depan. Walaupun penyakit tuanya sering kambuh tapi Ia dapat menyelesaikan buku yang bertajuk Two New Sciences, kemudIan diterbitkan di Belanda secara diam-diam.
            Semangat untuk menunjukkan kebenaran tercermin pada buku barunya tersebut. Walaupun kesehataannya semakin hari semakin lemah, Ia tetap semangat untuk mendiktekan ide-idenya kepada Torricelli (pengagum yang telah mendampinginya selama satu bulan). Sore, 8 Januari 1642, Galileo meninggal dunia. Walaupun Ia telah meninggal, karya dan jasanya masih terkenang dan dipakai sepanjang masa.  

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts